Indikator Mutu Nasional

Kamis, 19 September 2024, 23:51

Kepatuhan Identifikasi Pasien

image
Study
  • Tidak tercapainya kepatuhan identifikasi pasien 100%
  • Ada formulir di rekam medis yang tidak diberi label stiker
  • Ada label stiker pasien yang tertempel di dokumen pasien lain
Action
  • sosialisasi dan edukasi ulang SPO
  • budaya konfirmasi identitas pasien pada setiap tindakan, pelayanan kesehatan, atau penginputan data
  • koordinasi aktif antara staf unit dan loket pendaftaran untuk penyediaan label stiker pasien
  • penyediaan tempat penyimpanan label stiker didalam rekam medis pasien agar tidak tercecer atau tertukar

Waktu Tanggap Pelayanan Petugas Medis di Gawat Darurat < 5 menit

image
Study Capaian indicator Waktu tanggap pelayanan petugas medis di gawat darurat pada triwulan I tahun 2019 telah memenuhi standar
Action
  • Pemberian kertas triase dari security ke igd untuk di hitung waktu penangan pasien di IGD
  • Hasil indicator sudah tercapai penanganan pasien diharapkan semakin meningkat atau dipertahankan

Waktu Tunggu Rawat Jalan

image
Study Capaian indikator waktu tunggu di rawat jalan pada TW 1Tahun 2019 di bulan Maret 2019 belum sesuai standard kemenkes ( Standar ≤ 60 menit ) karena DPJP datang tidak sesuai jam praktek yang sudah di tentukan
Action Pembatasan Jam Pendaftaran Pasien
Pagi : 08.00- 12.00 WIB
Sore : 13.00 -17.00 WIB
RTL
  • Komunikasi dengan dokter spesialis mengenai kesanggupan masing2 personil mengenai jam buka, jam tutup dan durasi pelayanan, disesuaikan dengan aturan
  • Pembuatan pakta integritas mengenai jam layanan dpjp
  • Membuat surat edaran direktur mengenai poin 1. Dan poin visite sebelum buka layanan poli
  • Memfinalisasi aturan remunerasi dokter spesialis
  • Evaluasi jumlah pembatasan pasien oleh DPJP
Rekomendasi Membuat kesepakatan awal di kontrak kerja mengenai jam kerja dokter

Ketepatan Jam Visite Dokter Spesialis

image
Study Capaian indikator jam visite dr Spesialis pada triwulan I tahun 2019 pada bulan januari sampai dengan maret 2019 masih dibawah standar kemenkes, dikarenakan dr Spesialis tidak visite tanpa pengganti
Action
  • Himbauan untuk komite medik dalam rapat rutin
  • Dokter Spesialis utama harus mencari dokter pengganti
  • Komitemen perawat agar selalu mengingatkan DPJP untuk visite
RTL
  • Membuat surat edaran direktur berisikan ketentuan visite
  • Rincian ketentuan visite dokter spesialis ditetapkan oleh kayanmed
Rekomendasi Mencantumkan mengenai ketentuan jam visite di dalam kontrak kerja dokter spesialis

Waktu Lapor Hasil Test Kritis Laboratorium < 30 menit

image
Study Capaian indikator waktu pelaporan hasil laboratorium kritis < 30 menit telah memenuhi standar kemenkes rumah sakit.
Action Mempertahankan pencapaian waktu pelaporan hasil laboratorium kritis < 30 menit

Penulisan Resep Sesuai Dengan Formularium

image
Study Berdasarkan data diatas penulisan resep oleh dokter di RSUD Sawah Besar masih dibawah standar Kemenkes. Hal ini disebabkan karena pada beberapa kesempatan, DPJP berhalangan hadir, sehingga untuk praktek DPJP penggantinya tidak mengetahui ketersediaan obat di farmasi. Beberapa DPJP juga meresepkan obat-obat yang belum masuk ke dalam formularium rumah sakit
Action
  • Memperbarui Formularium Rumah Sakit yang sesuai dengan kebutuhan DPJP.
  • Mengadakan rapat Panitia Farmasi dan Terapi untuk memperbarui Formularium Rumah Sakit
  • Sosialisasi formularium RS kepada tim dokter
  • Supervisi dan evaluasi resep obat yang diberikan oleh dokter kepada pasien
RTL
  • Membuat monev DPJP terhadap kepatuhan Fornas setiap bulan
  • Memberi teguran tertulis kepada DPJP dari KFT melalui komdik

Kepatuhan Cuci Tangan

image
Study Capaian indikator Kepatuhan Melakukan Kebersihan Tangan sudah sesuai standar pada bulan Maret
Action Melakukan sosialisasi, monitoring, supervise dan audit kebersihan tangan kepada petugas
RTL
  • Merefresh pelaksanaan cuci tangan pada laporan pagi dan saat operan jaga
  • Memberikan punishment kepada petugas yang tidak patuh melakukan kebersihan tangan sesuai standart

Kepatuhan Pengelolaan Pasien Resiko Jatuh Sesuai Prosedur

image
Study Capaian indicator Kepatuhan pengelolaan pasien resiko jatuh sesuai prosedur Pada triwulan I tahun 2019 belum standar kemenkes karena masih ada pasien yang tidak di pasang gantungan resiko jatuh dan beberapa penatalaksanaan resiko jatuh
Action
  • Sosialisasi dan edukasi ulang upaya pencegahan jatuh kepada staf
  • Monitoring harian dilakukan setiap operan jaga oleh PJ unit
  • Edukasi upaya pencegahan jatub oleh petugas di unit kepada pasien dan keluarga.
  • Media edukasi upaya pencegahan jatuh yang dipasang di unit
  • Reward untuk kepatuhan upaya pencegahan jatuh
RTL
  • Evaluasi pemasangan gantungan resiko jatuh
  • Skrinning pasien yang membutuhkan pengawasan resiko jatuh wajib dilakukan pada waktu perawat keliling rawat inap saat pergantian shift

Kepuasan Pasien dan Keluarga

image
Study Capaian indikator Kepuasan pelanggan pada TW 1 tahun 2019 sudah sesuai standar kemenkes ≥ 90 %
Action Tetap mempertahankan dan meningkatkan dalam memberikan pelayana nterhadap pasien.

Kecepatan Respon Terhadap Komplain

image
Study Capaian indicator kecepatan respon terhadap komplain pada triwulan I tahun 2019 sesuai standard
Action Pertahankan dan meningkatkan responbilitas dalam menangani semua permasalahan mengenai pasien